Rabu, 28 April 2010

NEWTON HEATH L&YR F.C CIKAL BAKAL BERDIRINYA MANCHESTER UNITED FC

Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club, dibaca persatuan sepakbola perusahaan jawatan kereta api Lancashire dan Yorkshire di Newton Heath berdiri pada tahun 1878. Klub sepakbola inilah yang kelak akan bermetamorfosis menjadi klub sepakbola paling popular dimuka bumi.
Mereka bermain di sebuah lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta api Piccadilly Manchester selama lima belas tahun, sebelum pindah ke Bank Street di kota dekat Clayton pada 1893. Kaos tim mereka berwarna hijau emas. Pada tahun 1892 tim mulai memasuki kompetisi sepakbola atau satu tahun sebelum mereka pindah ke Bank Street, lalu memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api pada tahun yang sama yang kemudian menjadi perusahaan mandiri, mengangkat seorang sekretaris perkumpulan dan menghapus "L&YR" dari nama mereka untuk menjadi Newton Heath F.C saja.

Sembilan tahun berlalu setelah mereka pindah ke Bank Street yaitu pada tahun 1902, Newton Heath FC mengalami kondisi financial yang sangat buruk hingga akhirnya mereka nyaris bangkrut dengan hutang lebih dari £ 2.500 (nominal yang sangat besar pada waktu itu) dan ditutupnya stadion Bank Street.

Adalah seorang legenda tim, Harry Stafford, yang merupakan kapten tim saat itu, memamerkan anjing St. Bernardnya kepada investor bernama J. H. Davies, direktur Manchester Breweries. Awalnya Davies memutuskan untuk membeli anjing milik Stafford itu, namun kemudian Stafford menolaknya. Tetapi Stafford berhasil mempengaruhi Davies untuk menanamkan modal pada timnya dan menawarkan davies menjadi chairman tim.

Kemudian Diadakan rapat untuk mengganti nama tim mereka. Manchester Central dan Manchester Celtic adalah nama yang pertama kali diusulkan, sebelum akhirnya Louis Rocca, seorang imigran muda asal Italia, berkata "Tuan-tuan, mengapa kita tidak menggunakan nama Manchester United?". Nama pun kemudian ditetapkan dan “Manchester United” terpilih secara resmi dan mulai eksis pada tanggal 26 April 1902. Davies juga memutuskan untuk mengganti warna tim dari semula hijau menjadi warna merah dan putih sebagai warna tim Manchester United FC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar